Pages

Minggu, 10 Februari 2013

Tips Membuat Script Pertanyaan untuk Bintang Tamu Acara Radio


Halo.
Selamat malam, Gees Mania :D

Wah, udah lama sekali saya tidak menyapa Gees Mania. Sumimasen ne, beberapa bulan terakhir ini saya banyak kesibukan kerjaan dan kuliah (terutama skripsi). Curhat sedikit, skripsi saya sempat terbengkalai sekitar 1 tahun gara-gara kegalauan kerjaan. Ah, alesan ajah sih, hahahaha.

Oke, malam ini saya ingin berbagi tentang "Script Pertanyaan untuk Bintang Tamu Acara Radio". Sejujurnya mengajukan pertanyaan bagi bintang tamu yang hadir di acara radio kita termasuk susah-susah gampang.

Kenapa saya bilang begitu?

Karena sebagai seorang penyiar radio sekaligus pembawa acara, kita harus bisa memberikan nilai lebih pada acara yang kita pandu dengan hadirnya sang bintang tamu tersebut. Pertanyaan-pertanyaan yang hadir di dalam script bisa bermacam-macam, tergantung siapakah bintang tamu kita dan acara apa yang kita pandu.

Sedang dalam program acara apa saat ini?
Sebelum membuat daftar pertanyaan bagi bintang tamu, sangat penting bagi seorang penyiar radio untuk mengetahui dan memahami program acara apa yang sedang dipandu. Misalnya untuk acara musik, akan terasa lebih cocok untuk membahas tentang musik dengan sang bintang tamu dari pada membahasa cara bercocok tanam padi yang baik dan benar, bukan?

Siapa bintang tamu yang hadir?
Kenalilah siapa bintang tamu yang hadir pada program acara yang Gees Mania bawakan. Apakah dia seorang selebriti? Kalau iya, siapakah ia? Penyanyi, aktor, atau pesulap? Apakah dia punya hobi lain? Apakah dia seorang sosialista yang bisa diajak ngobrol soal mode busana musim panas? Atau dia lebih cocok di ajak ngobrol dan diberi pertanyaan tentang dunia anak karena sekarang ini dia bergerak sebagai aktivis di dunia anak? 

Kenalilah bintang tamu yang akan hadir di program acara Gees Mania. Lakukan observasi sedikit mengenai kehidupan dan kegiatannya sehari-hari. Dari melakukan observasi kecil-kecilan, Gees Mania bisa mengembangkan pertanyaan-pertanyaan lain yang lebih mendalam dan menarik untuk disimak oleh pendengar.

Apa tujuan utama sang bintang tamu hadir?
Apakah sang bintang tamu hadir untuk berpromosi lagu terbarunya? Atau dia hadir sebagai narasumber untuk topik tertentu yang sedang Gees Mania angkat di program acara yang sedang Gees Mania bawakan? Atau dia hadir untuk berkampanye politik? Paham akan tujuan bintang tamu hadir di program acara kita membantu kita untuk fokus membuat pertanyaan yang akan diajukan saat wawancara nanti.

Mengapa hal ini penting?

Karena pada beberapa bintang tamu ada yang tidak senang disandung tentang masalah lain diluar tema acara yang sedang berlangsung. Misalnya, dia diundang untuk menjadi narasumber topik A, lalu tiba-tiba dia disuruh untuk bernyanyi lagu terbarunya, belum tentu lho bintang tamu mau. Kalau bintang tamu tersebut menolak dengan cara yang halus tidak jadi masalah, kalau bikin mood siaran jadi jelek gimana? Rata-rata di Indonesia siaran radio dilakukan secara live, hilang kosentrasi gara-gara nerveous bisa berkabibat kurang bagus :p

Mulai menulis...
Sudah mulai terpikirkan kira-kira pertanyaan apa saja yang akan diajukan kepada bintang tamu yang akan hadir di acara kita? Segera tulis. Tidak harus diketik di komputer / laptop, dan tidak harus ditulis di atas kertas, bisa juga di ketik di handphone atau bisa memanfaatkan sarana yang lain. Yang terpenting adalah catat saat ada ide kira-kira pertanyaan apa yang bisa diajukan. Jangan sampai ntar malah kelupaan :p 

Semoga bermafaat ya, Gees Mania! :)

Sincerly,
thegeesradio

Tidak ada komentar:

Posting Komentar