Pages

Minggu, 10 Februari 2013

Tips Agar Blog Banyak Dikunjungi

Hallo, Gees Mania!

Pernah merasa bete kenapa blog yang dikelola kok jarang banger yang mengunjungi?
Kayaknya semua blogger baik pemula maupun yang sudah senior pasti merasakan hal yang sama.
Menurut saya pribadi, tidak ada kunci utama agar blog yang kita kelola bisa selalu mendapatkan rating kunjungan yang tinggi. Tapi, bukan berarti kita tidak bisa melakukan apa-apa untuk mengatasi hal tersebut.


1. Rutin mem-posting dan tentunya harus original
Saya punya banyak pengalaman buruk tentang blog-blog yang kerjaannya ngop-paste dari blog orang lain. Karena sesungguhnya bagi saya pribadi blog-blog tersebut merupakan bagian dari spam dunia maya dan biasanya blog-blog jenis seperti ini bukan menyediakan informasi dan bukan tujuan berbagi, namun "menyasarkan" kita seabgai pengguna internet ke blog mereka dimana diblog tersebut terpasang banyak sekali iklan (kadang iklannya aneh-aneh juga). Jenis blog-blog yang seperti ini membuat saya langsung menutup tombol CLOSE dan segera pindah ke blog lain sekalian memblok blog tersebut. Postingan yang original tentunya membuat para pengunjung blok kita merasa nyaman dan merasa sedang berinterksi dengan pengelola blog secara langsung, apalagi kalau yang dibahas merupakan hal menarik dan membuat ingin berdiskusi :)

Selain itu dengan rutin mem-posting tentunya menambah kemungkinan pencarian tentang beberapa hal masuk ke blog ke kita. Iya, nggak? Semakin sering dan semakin lengkap postingan kita tentang suatu hal tentu akan sangat menarik untuk para pengunjung, bukan?

2. Membahas yang sedang populer atau membahas yang berbeda?
Jika Gees Mania memilih untuk memabahas yang seadng populer, tentunya akan sangat baik untuk menaikkan rating dan kunjungan blog yang Gees Mania kelola, namun tentunya pilihan ini juga memiliki kerkurangan dan kelebihan, salah satu kelebihannya adalah membuka kesempatan blog Gees Mania untuk banayak dikunjungi, sedangkan kekurangannya, Gees Mania harus selalu meluangkan waktu untuk update tentang hal-hal populer yang sedang terjadi. Namun, bagi Gees Mania yang memiliki banyak waktu luang dan sangat menikmati ngeblog tentunya bukan hal masalah. Kalau ditanya saya milih yang mana, maka saya akan memilih untuk membahas yang berbeda, karena saya bukan termasuk manusia update, haha. Namun saya akui diri saya unik :) Selera film, bacaan, mode, dan beberapa hal yang saya sukai tidak semua bisa disukai oleh beberapa rekan saya. So, kenapa nggak kita membahas hal berbeda tersebut? Bisa jadi kita bertemu orang lain yang satu selera dengan kita.

3. Nyamankah pengunjung blog Anda?
Pada beberapa blog yang pernah saya kunjungi, saya beberapa kali mendapati desain dan dekorasi blog yang mencolok mata dan terasa silau juga sedikit riweuh. Sejujurnya, untuk saya pribadi, saya akan berusaha untuk segera menghentikan kunjungan saya pada blog tersebut. Apalagi jika blog tersebut men-load agak lama karena banyak ornamen hiasan yang memperberat performa halaman blog tersebut. Apalagi jika blog tersebut ada lagunya, aduh! Koneksi internet saya nggak bagus-bagus amet malah cenderung lambat. hal tersebut membuat saya seding dan terpaksa berpindah ke lain blog. Memang benar, bawha blog adalah hal pribadi dan Gees Mania bebas untuk berekspresi disana, namun jika Gees Mania ingin ada yang mengunjungi blog yang Gees Mania kelola, bukankah penting untuk berfikir tentang kenyaman para pengunjung blog? :)

4. Optimalkan Blog dengan SEO
Yang terakhir sekaligus jurus pamungkas yang bisa Gees Mania coba dalah dengan mengoptimalkan blog kita, artinya yang bekerja agar blog banyak dikunjungi orang adalah blog kita sendiri. Salah satu caranya bisa denga mengganti judul blog dengan judul postingan, menambahkan meta tag, mendaftarkan blog ke google, dll.

Semoga bermanfaat ya, Gees Mania.
Semangat terus, semoga blognya semakin banyak pengunjung :)

Sincerly,
thegeesradio

Tidak ada komentar:

Posting Komentar