Pages

Senin, 11 Februari 2013

Contoh Script Opening Siaran Radio Part #2

Pada postingan sebelumnya, saya pernah membahas tentang Script Opening untuk siaran radio, namun pada postingan tersebut saya tidak terlalu memberikan penjelasan yang cukup rinci. Pada postingan kali ini saya akan mencoba memberikan penjelasan yang lebih rinci dan mudah-mudahn bermanfaat bagi teman-teman :)

Opening = Mood
Bagi saya, bagaimana cara kita membawakan opening saat siaran dimulai sangat berpengaruh pada mood dan suasana siaran pada menit-menit berikutnya. Misalnya, saat kita membuka acara dengan nada ceria dan penuh semangat, otomatis otak kita merespon untuk membuat suasana program acara menjadi lebih ceria dan berwarna, dan biasanya berdampak pada lagu yang dipilih untuk didengarkan pada pendengar. Nah, kalau openingnya udah suram dan galau, biasanya lagu yang dipilih juag galau... Hehe.

Script Opening berdasarkan
Program Acara yang dibawakan.
Ini merupakan hal penting yang harus dipahami bahwa opening harus sesuai dengan acara yang dibawakan. Misalnya, Gees Mania membawakan acara tentang "curhat" yang bertemakan patah hati, nggak mungkin donk openingnya jingkrak-jingkrak penuh semangat, lain cerita program acara tersebut "curhat" yang bertemakan mengobati patah hati. Opening juag bergantung pada jam acara, rasanya agak kurang gimanaaa~ gitu kalau kita siaran jam 3 pagi tapi opening layaknya suara kembang api, dan kurang gimanaaa~ gitu kalau siaran pagi-pagi tapi opening sambil ngantuk-ngantuk. Iya, nggak?

Alur versi Gee...
1. Salam
 Selamat Pagi! Selamat Malam! Selamat Siang! atau kalau membawakan acara tertentu yang memiliki salam khas seperti membawakan acara yang membahas tentang Anime atau Band-band Jepang bisa juga menggunakan bahasa Jepang. Salam bisa menjadi identitas seorang pernyiar lho. Misalnya, dengan menambahkan beberapa kata yang bisa menjadi "khas"-nya kita, seperti "Selamat Pagi Cerah Membahana!". Iya, nggak? Mari berkreasi dan berimprovisasi.

2. Menyapa pendegar dan memperkenalkan diri
Anda penyiar senior? pasti sudah punya banyak penggemar. Namun bukan berarti tidk ada orang baru yang baru pertama kali mendengar anda siaran. Iya, nggak? :) Untuk penyapa penggemar, biasanya Gee menyapa pendengar dengan bertanya kabar. Memang pendengar radio kita tidak akan langsung dimenjawab secara LIVE, namun dengan menanyakan kabar ikatan emosi akan terjalin antara penyiar dan pendengar.

3. Mengumunkan nama acara dan putaran waktu siaran hingga pukul berapa
Contohnya begini : "Kali ini Gees Mania ditemani Gee dalam acara Bintang Bincang Gees Radio sampai putaran pukul empat sore nanti. So, kita masih punya 2 kali 60 menit kedepan untuk ngobrol-ngobrol santai bareng sama bintang tamu kita. Mhmm, siapa yang bintang tamu kita kali ini ~ bla-bla-bla"

4. Jeda sejenak sebelum ke acara pokok
Nggak ada alasak khusus, namun saya sering menggunakan pola ini. Setelah menyelsaikan alur 1-3, saya biasanya memutarkan lagur untuk para pendengar dan biasanya saya memilih lagu yang hits yang sering banyak orang "tau", tapi tetap berdasarkan mood yang saya ingin bangun saat sedang membawakan suatu program acara. Misalnya saya sedang membawakan acara yang moodnya sedih dan membawa kenangan, biasanya saya memilih lagu hits beberapa tahun kebelakang tentang patah hati dengan tenpo beat yang tidak terlalu cepat dan punya lirik yang mendalam. Biasanya ini berhasil membuat pendengar mulai mengSMS dan curhat tentang kegalauan masa mudanya, hehe.

Semoga postingan saya kali ini dapat melengkapi postingan saya sebelumnya.
Semoga bermanfaat.


Sincerly,
thegeesradio

2 komentar: