Pages

Minggu, 10 Februari 2013

Alur Sederhana Wawancara Bintang Tamu di Radio

Hallo.
Apa kabar Gees Mania?
Semoga dalam keadaan sehat dan penuh semangat.

Kali ini saya ingin berbagi tentang alur wawancara sederhana bagi bintang tamu yang hadir di program acara kita dengan tujuan untuk mempromosikan sesuatu. Biasanya bintang tamu yang hadir di program acara suatu radio melakukan promosi tentang beberapa hal, antara lain lagu atau album terbaru, film terbaru, atau bisnis sedang digeluti.
Untuk penyiar yang sudah berpengalaman, tentunya hal ini bukanlah suatu hal yang sulit, karena secara "halus" segmen promosi dari bintang tamu biasanya sudah memiliki pola tersendiri bagi masing-masing penyiar, namun lain hal dengan penyiar muda yang baru pertama kali mendapat tugas untuk mewawancara bintang tamu atau kehadiran bintang tamu "dadakan" di program acara yang sedang dibawakan.

Secara "halus", alur wawancara sekaligus promosi sang bintang tamu dalam sebuah segmen acara bisa jadi seperti ini :

1. Mempersilakan mereka untuk memperkenalkan diri / anggota band / grup mereka
2. Mulai bertanya kapan memulai karir, kapan band mulai dibentuk, bagaimana sampai tebentuk band, ketemu dimana, dll. Dalam sesi pertanyaan, kita bisa menggali banyak macam hal dari sag bintang tamu. Bagaimana caranya, bisa membaca di postingan saya disini.
3. Selelesai sesi pertanyaan dengan bintang tamu, tahap selanjutnya dalah mempersilakan sang bintang tamu untuk mempromosikan dirinya atau karyanya, jika :

  • Penyanyi / Grup Band / Boys or Girls Band, kita bisa mempersilakan untuk memamerkan suara mereka (bernyanyi).
  • Penulis / Pengarang / Aktor or Aktris, kita bisa mempersilakan untuk mempromosikan film/buku dan mempersilakan untuk menyebutkan kapan dan dimana film/buku tersebut akan launching
  • Pebisnis atau Wirausahawan, kita bisa mempersilakan untuk mempromosikan alamat tempat usaha mereka beserta nomor telepon, dan kalau memungkinkan sekaligus bisa sekaligus mempromosikan jargon produk mereka.  
  •  Pekerjaan lain namun tujuannya berpromosi? Silakan berimprovisasi, hihihihi.



Semoga bermanfaat. Selamat berkarya.

Sincerly,
thegeesradio

Tidak ada komentar:

Posting Komentar