Pages

Kamis, 05 Mei 2011

Siaran Radio Online di Kamarmu!

Dear Gees Mania,

Malam ini Gee mau sharing tentang keisengan Gee yang suka siaran radio online di kamar, hehe.
Yap, siaran emang paling asik kalo kita berada di dalam sebuah ruangan yang nggak ada orangnya, itu sich menurut pengalaman Gee selama ini :) Soalnya kalau kita berada ditempat yang banyak orang biasanya noise suka masuk ke mic yang kita pake siaran. Nah, buat Gees Mania, malam ini Gee mau berbagi tentang "Apa aja sich peralatan yang di perlukan untuk bisa siaran radio sendiri?". Oke, ayok kita bahas!

MICROPOHE
Ini adalah peralatan wajib! Soalnya mic ini berfungsi untuk menangkap gelombang suara kemudian mengkonversikannya menjadi arus listrik dan diolah sedemikian rupa sehingga bisa terdengar kembali oleh pendengar kita di rumah.
Nah, dalam siaran radio online yang biasa Gee lakukan, Gee menggunakan microphone standar yang biasa digunakan untuk merekam suara via komputer. Gambarnya seperti ini :


Sekarang ini Gee mempunya 2 mic yang biada digunakan sebagai senjata tempur saat siaran. Mic yang pertama kali Gee punya adalah yang berwarna biru, belinya di salah satu toko swalayan di deket tempat tinggal Gee. Untuk harga ketika tahun 2009 harganya sekitar 55rb rupiah :) Nah, yang kedua Gee beli tahun 2010 di IBCC Bandung, harganya sekitar 49rb rupiah. Namun, sepengalaman Gee selama ini, lebih nyaman menggunakan mic yang warna biru, karena suara yang dihasilkan frequensinya lebih tinggi dan lebih bersih, sedangkan mic yang warna hitam agak kecil dan lebih halus.


HEADPHONE
Kalo ditanya headphone apa yang enak dipake buat siaran, sebenernya tergantung selera. Misalnya Gee lebih senang dengan headphone yang kedap noise dari luar, jadi bisa fokus mendengarkan lagu dan suara kita sendiri saat kita sedang siaran. Tapi ada juga yang senang dengan headphone yang tidak terlalu kedap suara. Sesuai seleraaaaa :D 


Nah, fungsi dari headphone ini adalah untuk mendengarkan suara kita saat sedang siaran dan mendengarkan backsound lagu yang mengiri kita siaran. Soalnya kalau kita ngedengerin backsound lagu dari speaker nanti suaranya bentrok, karena suara backsound lagu yang keluar dari speaker itu jadi noise. So, pergunakanlah headphone! ^_____^

 
Komputer
Bisa komputer atau leptop, bebas... :D
Dulu waktu Gee belum punya laptop dan masih pake komputer dan sekarang Gee siaran pake laptop. Dua-duanya sama saja, nggak ada bedanya :) Nah, ini gambar laptop yang Gee gunakan saat siaran radio online:



MODEM
Ini dia salah satu alat penting dan paling urgent dan bikin nangis kalau lagi ngadat. Yap modem oh modem... Dialan ujung tombak dalam menyiarkan siran radio kita. Kalau dia lagi males hancur sudah siaran kita :D
Soa, rawatlah modem dengan kasih sayang dan cinta, hahha.

 

Oke, sekian dulu share dari Gee. Rencananya dalam waktu dekat ini Gee mau menuliskan tutorial membuat radio streaming sendiri yang mudah, cepat, dan gratis!!!
Doakan Gee ada waktu luang, ya! Udah lama juga nggak siaran gara-gara coding :) *Will code for LIFE*


Regrads with spirit,

Gee

4 komentar:

  1. ada cara lengkapnya g gimana agar dapat mengudara lewat radio online.Thx.

    BalasHapus
  2. Oke dear, nanti saya bikin tutorialnya... :D
    sekarang lg ngerjain skripsi dulu... :)

    BalasHapus
  3. pengen micnya T.T
    kalau di online ada yang jual ga yah?
    disini, gak liat ada yang jual mic sih. hhu

    BalasHapus
    Balasan
    1. untuk yang jualan mic nya secara online saya kurang tau dear... :)

      Atau mau nitip di saya? Ntar saya beliin :)
      Itung2 ngebantu sesama pecinta siaran streaming :)

      Btw lokasi dear dimana ya?

      Hapus