Pages

Rabu, 20 April 2011

Script on Radio Program - OPENING

Hai,
selamat Malam Gees Mania!

 

Klik disini untuk : Contoh Script Opening Siaran Radio Part #2


Malam ini Gee ingin berbagi tentang naskah atau script untuk membuka sebuah acara di radio.
Sebenarnya ada beberapa penyiar yang jarang sekali menggunakan script, terutama penyiar-penyiar yang sudah memiliki jam terbang yang cukup tinggi. Tapi ada juga penyiar yang sangat fanatik menggunakan script, tapi biasanya siaran yang menggunakan script adalah siaran di Radio-radio besar yang memiliki acara-acara yang sudah terkenal. Kalo ditempat Gee dulu pernah bekerja nggak pake script, siarannya pake feeling dan mengalir sesuai suasana hati, hehe.
Kenapa butuh script? 

Soalnya supaya siarannya nggak ngalor-ngidul alias nggak kemana-mana. (>____<)
Ini pengalaman Gee, sich... Kalo siaran tanpa script pasti nati ujung-ujungnya bingung mau ngomong apa dan akhirnya siaran keliatan banget ngelanturnya, haha. Jadi sebenernya SCRIP itu PENTING! Tapi sayangnya di radio-radio kecil dan juga radio komunitas jarang sekali ada yang menyediakan Script Writer, biasanya karena terkendala masalah keuangan untu menggaji pegawai tambahan. Nah, sehingga akhirnya pihak radio memberlakukan bahwa sang Penyiar sendirilah yang ahrus menjadi Sript Writer buat dirinya sendiri. Buat Penyiar yang senang dengan tantangan dan nggak pemales, pasti senang banget nih di kasih tugas kayak gini. Karena dengan begitu berarti dia telah diberi kesempatan buat mengembangkan kemampuannya di dunia radio, sehingga 
selain sebagai Penyiar dia juga jadi memiliki kemampuan sebagai Script Writer. Asik, kan? Nah, memampuan ini jadi bisa dimasukkan ke dalam CV buat menambah daftar skill yang Gees Mania punya, deh!

Contoh Script-nya gimana, Gee? 
Oke-oke, Gee akan berbagi dengan kalian salah satu contoh Script yang biasa Gee gunakan untuk siaran di Gees Radio.
Taraaaa....!


Mhm, singkat amed ya script-nya? Iyoyo, soalnya Script di atas adalah script buat opening doank. Hehehe.
Nanti deh, kapan-kapan Gee update scfript-script lainnya... ^___^

Ini hasil siaran script di atas...
Nah, dari Opening Script di atas tentunya akan menjadi sebuah Opening dalam sebuah program acara radio. Sebagai contoh Gee akan memberikan sample suara Gee yang sedang membuka acara Gees Hallo. 



Oke,
sekain dulu ya Tutorial Siaran radio dari Gee. Mudah-mudahan bermanfaat.

Regrads with spirit,
Gee

Tidak ada komentar:

Posting Komentar