Pages

Rabu, 20 April 2011

Listening Comprehension - Makhluk apa tuh, Gee?

Hai,
selamat malam Gees Mania!

Malam ini Gee ingin berbagi masih tentang TOEFL. Bagi Gees Mania yang sudah pernah mengikuti TOEFL baik yang Preparation ataupun yang ITP pasti sudah tidak asing lagi dengan Listening Comprehension Section dalam TOEFL. Tapi bagi yang belum tau ataupun belum paham, yuk kita bahas sama-sama ^____^

Listening Comprehension - Apaan tuh? 

Listening Comprehension adalah sebuah Tes dalam TOEFL yang tujuannya untuk mengetahui sejauh mana kemampuan medengar dan memahami percakpan yang dibawakan dengan menggunakan Bahasa Inggris. Nah, di dalam Listening Comprehension juga terbagi menjadi 3 bagian, yaitu :
a. Short Dialog
b. Long Conversation
c. Long Talks

Mhm, banyak juga ya, Gee? Eits, jangan panik dulu! Untuk menaklukkan Listening Comprehension secara keselutuhan Gee punya tips nya!


TIPS Listening Comprehension

Baca dan pahami panduan yang ada.
Biasanya panduannya selain di sebuatkan oleh narator juga terdapat di buku soal yang diberikan pad Gees Mania. So, pahamilah petunjuk-petunjuknya aga Gees Mania tidak salah dalam mengerjakan soal yang ada :)

Dengarkan dengan baik dan seksama.  

Nah, Gees Mania mesti konsenstrasi nih. Soalny kalau Gees Mania nggak konsentrasi agak sulit juga untuk memahami aoa yang narator katakan. Nah, tentunya akan lebih mudah bagi Gees Mania untuk memahami apa yang nataror katakan jika Gees Mania sudah terbiasa mendengar percakapan dalam Bahasa Inggris. Untuk melatih hal tersebut, Gees Mania bisa berkunjung ke tulisan Gee sebelumnya tentang bagaimana membuat kita bisa "mendengar" bahasan Bahasa Inggri dengan baik.

Kerjakan paling lama 12 detik.

Wah wah wah, bentar amed, Gee! Iyah, memang rata-rata untuk mengerjakan soal listening memang segitu Gees Mania. Tapi, walaupun cuma 12 detik, Gees Mania jangan putus asa dulu, karena sesungguhnya Gees Mania pasti bisa menegrjakan soal-soal Listening Comprehension tersebut dengan cepat asalkan Gees Mania paham dengan apa yang narator ucapkan. Caranya Gee? Lagi-lagi Gee akan jawab bahwa caranya adalah dengan membiasakan diri untuk mendengar ucapan dengan menggunakan Bahasa Inggris, seperti nonton Film, denger Musik, atau mendengarkan berita di TV dengan menggunakan Bahasa Inggris. (*Di Metr* TV ada tuh, hehe)

Semua jawaban hari diisi!

Jangan sampai ada jawaban yang terlewat ya Gees Mania, soalnya nggak ada pengurangan nilai dalam TOEFL. Jadi jangan ragu dan jangan bimbang kalau Gees Mania kebingungan untuk menjawab soal, isi saja sesuai dengan isi hati dan perkiraan Gees Mania, oke! Siapa tau aja bener, kan lumayan jadi nambah poin, hehe.

Lihat jawaban lain saat ada waktu kosong.
Nah, biasanya kita ada jeda waktu beberapa detik sebelum masuk ke Question berikutnya, Nah, kalau sempat Gees Mania bisa mempergunakan waktu tersebut untuk membaca sekilas jawaban-jawaban yang selanjutnya. Nah, dengan begitu Gees Mania bisa menenebak dan mengira-ngira kira-kira apa pertanyaan yang akan diajukan oleh narator, sehingga Gees Mania tidak terlalu kaget dan juga bisa mempersiapkan diri.

Oke.
Segitu dulu ya Tips n Trick TOEFL - Listening Comprehension. Bentar lagi Gee mau berangkat Kurusu TOEFL. Nanti Gee tulis lagi ilmu apa yang udah Gee dapet di tempat Kurus pada Gees Mania.

Regrads with spirit,

Gee

Tidak ada komentar:

Posting Komentar