Pages

Kamis, 21 April 2011

Data Mining Cup

Hai,
Selamat Malam Gees Mania!

Malam ini Gee ingin bernagi tentang kegiatan Gee di kampus. Alhamdulillah, selain menjadi mahasiswi di salah satu PTN di Bandung, Gee juga berkesempatan untuk menjadi Asisten Dosen dan Teknisi Lab. Basis Data di kampus. Mungkin bagi sebagian orang hal tersebut biasa aja dan mungkin orang-orang luar disana punya lebih banyak prestasi, tapi buat Gee ini merupakan pengalaman yang luar biasa :)

Data Mining Cup
Oiya,tahun ini kampus Gee mengikuti Data Mining Cup, yaitu salah satu perlombaan berskala internasional di bidang pengolahan data yang masive alias bersekala besar.

Gee interesting banget sama perlombaan ini! ^___^

Perlombaan ini dilakukan dengan perkelompok dan anggota perkelompoknya tidak dibatasi. Selain itu setiap institusi boleh mengirimkan maksimal 2 tim. Dan cara pendaftarannya pun bisa dilakukan via email, dengan syarat email yang digunakan harus ber-domain institusi dimana kita bernaung. Jadi jangan pakai gmail atau yahoo. Misal, kalo Gees Mania anak UGM pake domain UGM, cara nya gimana ngedapetin domain institusi? Tanya aja ke dosen, hehe.


Ngapain sich, Data Mining Cup? Soalnya kayak gimana, Gee?
Kemarin tim DMC1 sempat kumpul untuk membicarakan soal dari DMC yang udah diterima. Dan ya Tuhan, tau nggak berpa banyak data? Ada 9juta data! Bahkan untuk dibuka di excel aja nggak sanggup. Harus di buka di notepad++. Pas Gee tau banyak datanya, SHOCK! Disoal pertama tersebut menceritakan tentang pola para pengunjung online shop yang akan membeli barang, misalnya si pengunjung suka ngebuka barang apa aja, dan aklau udah di view barang tersebut bakal langsung diberli atau nggak? Atau cuma ngeliat doank?
Nah, data sebanyak 9juta tersebut menceritakan prilaku pengunjung inline shop tersebut. Kalo cuma 100data sich bisa dikira-kira, tapi kalau 9juta!? Gee masih mumet.

Apa yang kamu lakukan dengan soal itu, Gee?
Sebenarnya Gee juga masih bingung. Mau diapain ni soal. Sampe 9juta record begini. Gimana ceritanya? Kemarin Gee sempat menemukan beberapa pola unik tentang prilaku penggunjung online shop tersebut. Tapi, bagaimana mengklasifikasikannya, ya?


Mudah-mudahan Gee cepat dapat petunjuk sehingga bisa menemukan jawaban untuk menyelesaikan 9juta record data ini! ^___^


Regrads with spirit,

Gee

2 komentar:

  1. apa itu data mining??
    @_@
    hihi ga ngambil matkul ini eum, jadi ga terlalu ngerti
    sok atuh ikutan.. sing suksess!
    :D :D

    BalasHapus
  2. Sip. Hatur nuhun doanya Rineiii. Salam buat dede bayi nya yah :D *udah nggak sabar pengen jadi tanteu, hehe

    BalasHapus