Pages

Rabu, 05 Oktober 2011

Kartu Nama Unik | Just a simple photoshop for me as a dummy :D

Hai, selamat sore Gees Mania!

Apa kabarnya? :)
Udah lama banget Gee nggak nulis yah! :) Hehe.
Sekarang ini Gee ingin berbagi tentang cara membuat kartu nama yang baru saja Gee selesaikan :)
Hehe. Gatel banget nih, pengen berbagi sama Gees Mania :)

Kali ini Gee membuat desain kartu nama yang menyertakan foto di dalamnya. Mhm, nggak lazim banget yah di kartu nama ada foto!? Hehe, Nggak apa-apa, deh. Jiwa narsisku memang tak tertahankan lagi :)


1st step!
Pilih satu foto yang akan dijadikan primary pada kartu nama yang akan Gees Mania buat. Foto disini nggak harus
foto disi sendiri lho, bisa aja foto atau gambar yang lebih mempresentasikan jati diri Gees Mania. Misalnya Gees Mania suka banget sama yang namanya Vanilla Lattte, so Gees Mania bisa memilih gambar kopi ini yang merepresentasikan Gees Mania :)
Misalnya gambar yang terpilih tersebut adalah :
 A photo by Melissa Acedera : Source, click me!

Pada contoh diatas, Gee menggunakan foto yang telah di retouch. Buat Gees Mania, jangan keburu jemper dulu karena ngerasa nge-retounch foto itu susah, karena kita bisa menggunakan aplikasi yang berbasis web (nggak perlu diinstl ke komputer) secara gratis-tis-tis! Apa nama web-ny? Klik disini.

Oke, langsung saja pada hasil retouch nya, misalnya hasil retouchnya seperti ini :
Untuk yang ingin mengetahui tutorialnya bisa klik disini.

2nd step!
Sekarang, mari kita buka photoshop yang akan menjadi halaman kerja kita kali ini :)
Ukuran kanvasnya kita gunakan skala centimeter, yaitu 9cm x 5.5cm (format lanscape). Kenapa memilih ukuran 9cm x 5.5cm? Bisa membaca penjelasannya lebih lanjut disini.


3rd step!
Pada kanvas yang tersedia, masukkan foto yang telah di retouch disisi kiri kanvas seperti yang dicontohkan pada gambar di bawah. Ukuran gambar dapat disesuaikan sesuai dengan keinginan Gees Mania :)

4th step!
Setelah posisi gambar telah berada di posisi yang tepat, Gees Mania dapat menambahkan atribut yang Gees Mania sukai. Dan dikarenakan tujuan tutorial kita adalah membuat kartu nama sesuai dengan contoh awal di atas, maka akita akan melakukan sesuai dengan contoh yang ada, hehe. 

*Tambahkan garis disisi samping gambar yangtelah kita posisikan.Untuk membuat garis tersebut bisa menggunakan tools berikut :
Namun, sebelumnya jangan lupa untuk menyiapkan layer tempat garis tersebut akan dibuat, dengan menekan 'New Layer' seperti pada gambar di bawah ini :
5th step!
Setelah melakukan langkah di atas, 5th step! adalah langkah paling pamungkas yang bisa menyempurnakan desain kartu nama Gees Mania! :D Sampai saat ini, tampilan yang ada di kanvas kita adalah seperti ini :
Dengan desain yang hampir sempurna ini kita tinggal menambahkan keterangan paling penting di kartu nama kita, yaitu nama dan kontak yang bisa dihubungi. Ceritanya Gee sekarang ini akan membuat kartu nama untuk Coffee Shop, maka jadinya bisa seperti ini :
Traaaaaaa! Jadi deh, kartu nama Gees Coffee Shop! :D

Bagaimana? Mudah, kan? :D
Semoga dengan tutorial ini Gees Mania bisa semakin terpacu untuk menciptakan desain kartu nama yang semakin menakjubkan. Tutorial ini hanya tutorial dasar yang dibuat oleh orang yang awa photoshop, yaitu Gee, hehe. Semoga bermanfaat! :D

Regrads with spirit,

Gee

Tidak ada komentar:

Posting Komentar