Pages

Rabu, 16 Maret 2011

Tips Menjadi Penyiar Radio

Hai,
Selamat Malam Gees Mania! ^___^


Hari ini Gees pengen berbagi tentang pengalaman Gee di Dunia Radio sama Gees Mania.

Dulu sekitar dua atau tiga tahun yang lalu, Gees sempat bergabung dengan salah satu stasiun radio di Kabupaten Subang selama 2 tahun sebelum Gee pulang ke Bandung dan melanjutkan kembali studi disini. Dulu juga Gee sempat beberapa kali ikut siaran di salah satu radio swasta di Bandung yang berada di dekat Bonbin Bandung, tapi karena kesibukan kuliah yang cukup padat, akhirnya Gee memutuskan untuk mundur dari radio tersebut.


Saat masih SMA, Gee sempat ikut pelatihan radio sebanyak 2 kali, dan keduanya adalah traning alias pelatihan tentang 'Bagaimana Menjadi Penyiar Radio Yang Baik'. Dan sekarang Gee ingen berbagi tentang quote-quote penting selama Gee di training. Semoga bermanfaat ^__^


1st Quote - I'm Confident
Menjadi seorang Penyiar Radio bukanlah hal yang bisa dianggap mudah, karena pada kenyataannya memang tidak semudah membalikkan telapak tangan. Why? Karena salah satu modal dasar untuk menjadi seorang penyiar radio adalah kemampuan untuk berbicara, termasuk berbicara di depan umum. Namun, yang terpenting untuk menjadi penyiar radio adalah memiliki rasa 'PERCAYA DIRI'.

Mhm,gimana sich supaya Pe-De alias Percaya Diri? It's easy! Just belive your self that you can do it!


2nd Quote - I love Musics
Kamu suka denger musik? Good! Nggak peduli pengetahuan musik kamu bagus atau nggak yang penting kamu suka, dan hal tersebut pastinya sudah menjadi poin penting buat kamu untuk terjun ke industri radio.
Wah, pasti di antara Gees Mania ada yang bertanya "Kok bisa sich, Gee? Bukannya kalo jadi penyiar radio itu harus tau banyak tentang musik?" Yap, emang bener, tapi semua pengetahuan itu selalu berawal dari kesukaan. Misalnya ada teman kamu suka banget nonton Dorama Jepang. Nah, otomatis dia juga memiliki pengetahuan yang cukup baik tentang Dorama Jepang, iya nggak? Atau contoh lainnya kamu suka banget sama motor, pastinya kamu juga bakalan tahu kan motor yang bagus itu seperti apa? Nah, begitu juga dengan dunia radio dan musik. Tenang saja, pengetahuan tentang musik bakalan menghampirin kamu asalahkan kalian punya semangat untuk mendalami dan mencari tahu berbagai informasi tentang musik. Moreover, when you love it, it will be easy to add your knowladge about something when you love it... :)


3dr Quote - Berlatih
Latihan yuk! ^____^
Karena segala teori yang dibahas di blog ini nggak akan pernah berhasil kalau kamu tidak pernah berlatih.
Mungkin di antara Gees Mania ada yang bingung gimana caranya buat berlatih jadi penyiar. Hey! Jangan dibikin pusing dulu, latihan jadi penyiar gampang, kok. Dan nggaj perlu peralatan mahal yang menguras kantong,hehe.
Untuk latihannya, Gees Mabia bisa memanfaatkan handphone Gees Mania. Bagaimana caranya? Gampang. Cukup rekam suara kamu di handphone kamu dan berimajinasilah seakan-akan kamu adalah seorang penyiar radio yang sedang siaran di dalam sebuah studio. Coba ingat-ingat suara penyiar radio favorit kamu, dan cobalah tiru gaya biacara mereka. Lho, kok niru sich, Gee? Memang awal segala sesuatu apalagi sewaktu menjadi pemula,kita pasti menirukan seseorang yang sudah lebih ahli dulu. Ingat kan, waktu SD kita menirukan tulisan guru kita di papan tulis, namun saat kita sudah lancar menulis, tulisan kita jadi punya ciri khas sendiri yang bisa menjadikan kita unik. Begitu pula dengan latihan menjadi penyiar radio ^____^


Ok,
thats all some tips for being a good announcer. Diawal-awal latihan dan mendengarkan suara sendiri pasti Gees Mania bakalan merasa kalau suara Gees Mania ancur habis! *UPS!* Tapi jangan putus asa, ya! Dulu Gee juga begitu, tapi dengan semakin banyak berlatih pasti suara Gees Mania akan semakin merdu :)


Kalau kamu ada pertanyaan dan pengen nanya-nanya lebih lanjut, kamu bisa ngasih komentar di postingan ini.
Blog ini selalu di cek dan di update secara berkala. So, dont worry be happy! ^___^


- Gee -

6 komentar:

  1. hi keren postingannya agan jd belajar d

    BalasHapus
  2. Thanks Anang :)
    Tetap semangat terus berlatih! :)

    BalasHapus
  3. makasih bgt yach.... sangat membantu bgt ne buat pemula seperti Q..! (^_^)

    BalasHapus
  4. siiip, semangat terus ya, DewI!
    Sukses teruuus! ^___^

    BalasHapus
  5. bagus mbk, q mqsih binggung tentang cara membuat opini,misal di progam acra ank remaja

    BalasHapus
  6. Halauuu, Andi :)
    Kalau saya dulu waktu ngebawain acara yang berbau "mengajak pendengar ikut menyampaikan opini", saya suka ngajak partner buat siaran. Jadi dalam saat siaran berdua itu ada seorang yang jadi "Malaikat" dan "Setan"nya, dimana nanti kedua belah pihak saling memberikan opini dan membela pendapat masing2. Seru lho ngebawain acara kaya gitu :)

    Semoga jawaban ini bisa membantu ya, kalau ada pertanyaan bisa nge-TWEET di @juwies .

    :)

    BalasHapus